• Sat. Feb 24th, 2024

KUMPULAN RESEP MAKANAN DAN CARA MEMBUATNYA

Membahas tentang resep masakan dan cara membuat makanan yang lezat

Resep Lontong Sayur Menu Sarapan Tradisional

Lontong sayur adalah salah satu menu sarapan tradisional yang populer di Indonesia. Lontong sayur terdiri dari lontong atau ketupat (nasi yang dimasak dalam bungkus daun) yang disajikan dengan sayur-sayuran rebus dalam kuah santan.

Ada berbagai macam sayuran yang bisa digunakan untuk membuat lontong sayur, seperti labu siam, kacang panjang, tahu, tempe, telur, dan lain-lain.

Lontong sayur biasanya juga dilengkapi dengan sambal, kerupuk, bawang goreng, dan opor ayam sebagai lauk pendamping.

 

Lontong sayur tidak hanya enak, tetapi juga sehat. Sayuran-sayuran yang digunakan mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk pencernaan, imunitas, dan kesehatan kulit. Santan yang menjadi bahan utama kuah lontong sayur juga mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol. Lontong atau ketupat sebagai sumber karbohidrat juga dapat memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama.

Cara Membuat Lontong Sayur

Membuat lontong sayur tidak terlalu sulit, tetapi membutuhkan waktu dan bahan yang cukup banyak. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat lontong sayur:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat lontong sayur untuk 5 orang, Anda membutuhkan 5 buah lontong atau ketupat, 5 butir telur rebus, 1/2 sendok makan ebi (udang kering), 5 buah tahu kulit kotak, 150 gram labu siam (potong korek api), 5 lonjor kacang panjang (potong 2 cm), 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas (memarkan), 1 batang serai (memarkan), 1.750 ml santan (dari 1 1/2 butir kelapa), 4 1/2 sendok teh garam, 2 sendok teh gula pasir, dan 2 sendok makan minyak untuk menumis.
  2. Haluskan bumbu-bumbu berikut: 1 sendok teh terasi goreng, 4 butir kemiri sangrai, 3 cm kunyit bakar, 10 butir bawang merah, 5 butir bawang putih, 4 buah cabai merah besar, 3 buah cabai merah keriting, dan 1/2 sendok teh ketumbar.
  3. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Masukkan ebi dan aduk rata.
  4. Tambahkan labu siam dan kacang panjang. Aduk sampai setengah layu. Masukkan telur dan tahu. Aduk rata.
  5. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Aduk sampai matang dan kuah mengental.
  6. Tata lontong atau ketupat di piring saji dan siram dengan kuah sayur. Taburi dengan bawang goreng dan sajikan bersama dengan sambal, kerupuk, dan opor ayam.

Tips Membuat Lontong Sayur

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat lontong sayur lebih lezat:

Demikianlah cara membuat lontong sayur yang nikmat dan sehat untuk menu sarapan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

  • Anda bisa menggunakan berbagai macam sayuran
  • Anda bisa menggunakan berbagai macam sayuran sesuai selera, seperti wortel, nangka muda, kol, daun singkong, dan lain-lain. Pastikan sayuran dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai ukuran.
  • Anda bisa menggunakan santan kemasan untuk mempersingkat waktu memasak. Namun, jika ingin lebih gurih dan alami, Anda bisa membuat santan sendiri dari parutan kelapa. Peras parutan kelapa dengan air hangat sampai mendapatkan santan kental dan encer. Saring santan dan simpan di dalam wadah tertutup di kulkas sampai siap digunakan.
  • Anda bisa menggunakan lontong atau ketupat yang sudah jadi untuk memudahkan penyajian. Namun, jika ingin lebih sehat dan hemat, Anda bisa membuat lontong atau ketupat sendiri dari beras. Cuci bersih beras dan rendam dalam air selama 2 jam.
  • Tiriskan beras dan bungkus dalam daun pisang atau plastik tahan panas. Kukus beras sampai matang dan padat. Dinginkan lontong atau ketupat sebelum dipotong-potong.
  • Anda bisa menambahkan lauk lain selain opor ayam, seperti sambal goreng ati, rendang, sate ayam, atau perkedel. Sesuaikan lauk dengan selera dan budget Anda.
  • Anda bisa menyimpan sisa lontong sayur di dalam wadah tertutup di kulkas sampai 3 hari. Panaskan kembali sebelum disajikan. Jangan lupa untuk mengecek rasa dan tekstur kuah sayur sebelum menyajikannya.

By admin