• Sun. Feb 25th, 2024

KUMPULAN RESEP MAKANAN DAN CARA MEMBUATNYA

Membahas tentang resep masakan dan cara membuat makanan yang lezat

Ayam Taliwang Makanan Khas Lombok Pedas Dan Gurih

Ayam Taliwang Makanan Khas Lombok Pedas Dan Gurih

Ayam taliwang adalah salah satu makanan khas dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Makanan ini terbuat dari ayam kampung muda yang dibumbui dengan bumbu pedas dan gurih, kemudian dibakar atau digoreng hingga matang. Ayam taliwang biasanya disajikan dengan plecing kangkung dan beberuk terong, yaitu sayuran yang dicampur dengan sambal tomat.

Ayam taliwang berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram. Nama taliwang sendiri diambil dari nama seorang raja di Lombok yang gemar menyantap ayam ini. Konon, ayam taliwang sudah dikenal sejak tahun 1960-an dan pernah disantap oleh Jenderal Ahmad Yani saat berkunjung ke Lombok. Kini, ayam taliwang telah menjadi salah satu kuliner populer di Indonesia dan banyak dijual di berbagai daerah.

Cara Membuat Ayam Taliwang

Cara membuat ayam taliwang tidak terlalu sulit. Yang penting adalah memilih ayam kampung muda yang masih segar dan berukuran kecil. Ayam ini kemudian dibelah dua tidak putus dan ditekan sedikit agar melebar. Selanjutnya, ayam dilumuri dengan air jeruk limau dan garam untuk menghilangkan bau amis dan memberi rasa asam.

Setelah itu, ayam dibakar sampai setengah matang di atas bara api atau di dalam oven. Sementara itu, bumbu halus untuk ayam taliwang dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri, terasi, tomat, kencur, gula merah, dan garam. Bumbu ini ditumis dengan minyak sampai harum dan matang.

Kemudian, ayam setengah matang dioleskan dengan bumbu halus dan dibakar lagi sampai matang dan berwarna kecoklatan. Ayam taliwang siap disajikan dengan plecing kangkung dan beberuk terong sebagai pelengkap. Plecing kangkung dibuat dari kangkung rebus yang dicampur dengan sambal terasi, garam, gula merah, dan air jeruk limau. Beberuk terong dibuat dari terong rebus yang dicampur dengan sambal tomat, garam, gula merah, dan air jeruk limau.

Manfaat Ayam Taliwang

Selain lezat dan menggugah selera, ayam taliwang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ayam taliwang:

  • Ayam kampung muda mengandung protein hewani yang baik untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Ayam kampung muda juga mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah anemia atau kurang darah.
  • Bawang merah dan bawang putih mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.
  • Cabai merah mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Kencur mengandung minyak atsiri yang dapat meredakan perut kembung dan mual.
  • Terasi mengandung asam amino esensial yang dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf.
  • Tomat mengandung likopen yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.
  • Gula merah mengandung mineral yang dapat membantu metabolisme tubuh.
  • Jeruk limau mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat membantu pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.
  • Kangkung mengandung serat yang dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.
  • Terong mengandung antosianin yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat ayam taliwang bagi kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa ayam taliwang juga mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Oleh karena itu, konsumsi ayam taliwang dengan porsi yang wajar dan seimbangkan dengan sayuran dan buah-buahan. Selain itu, hindari makan ayam taliwang jika Anda memiliki masalah dengan lambung, asam urat, atau tekanan darah tinggi.

By admin